Just another Wadah Aspirasi dan Kreasi Mahasiswa UGM Sites site

Algoritma dan Struktur Data 1 ???????????

December10

Algoritma dan Struktur Data 1 ???????????

 

algoritma1Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang salah satu mata kuliah yang saya pelajari di semester 1 ini . Mata kuliah itu yaitu Algoritma dan Struktur Data 1. Apakah kalian tahu apa itu algoritma ? Apa kegunaan algoritma ? dan bagaimana sebuah program dapat dibuat dengan ini ? Pertama-tama saya akan menjelaskan Kata ‘ Algoritma ‘ Sendiri berawal dari Bahasa latin yaitu ‘ Algoritmi ‘. Algoritma yaitu runtutan logis dari pengambilan keputusan yang digunakan untuk memecahkan sebuah atau beberapa masalah. Algoritma ini sangat amat penting dibutuhkan untuk membuat suatu aplikasi ataupun suatu software, tanpa menggunakan algoritma, sebuah aplikasi maupun software tidak akan sempurna.Bagi kebanyakan mahasiswa mata kuliah ini termasuk bukan mata kuliah yang mudah karena untuk membuat sebuah program dengan struktur yang benar butuh pemikiran lebih. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat sebuah program antara lain :
– Algoritma harus berhenti setelah mengerjakan sejumlah langkah terbatas
– Algoritma memiliki nol atau lebih masukan
– Algoritma satu atau lebih keluaran
– Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat sehingga tidak ambigu
– Algoritma harus efektif
Dalam pembuatan algoritma ini maka hasil akan didapatkan dengan adanya prosesan. Pemroses dapat berupa alat-alat elektronik, manusia, robot dan alat-alat elektronik lainnya.Pemroses melakukan suatu proses dengan melaksanakan atau mengeksekusialgoritma yang menjabarkan proses tersebut. Melaksanakan algoritma berartimengerjakan langkah-langkah di dalam algoritma tersebut.Pada algoritma yang akan dipelajari alat peruses yang akan digunakan adalahkomputer.Pada komputer dapat dibedakan atas 4 unit utama-piranti masukan-piranti keluaran-piranti proses-piranti memor.

Data pada komputer akan diproses pada piranti proses yang sering dikenaldengan CPU. Mekanisme dari ke empat piranti di atas dapat digambarkansebagai berikut :Mekanisme dari keempat piranti diatas dapat dijelaskan sebagai berikut :Mula-nula program dimasukkan ke dalam memori komputer. Ketika programdilaksanakan, setiap instruksi yang telah disimpan didalam memori dikirim keCPU. CPU mengerjakan operasi-operasi yang bersesuaian dengan instruksitersebut. Bila suatu operasi memerlukan data, data dibaca dari piranti masukan ,disimpan dalam memori lalu dikirim ke CPU untuk operasi yang memerlikantadi.. Bila proses menghasilkan keluaran, keluaran disimpan ke dalam memori,lalu dari memori keluaran dikirimkan ke piranti keluaran.Sebuah algoritma akan dapat dikenal oleh komputer jika sudah dipindahkankedalam bentuk yang dapat dimengerti oleh komputer, dalam hal ini disebutdengan program. Ada bermacam-macam bahasa pemrogram yang dikenalseperti, Basic, Bahasa C, Pascal, Fortran, Visual Basic, Delphi ,dll

NB :

https://rahman371.wordpress.com/2014/09/16/pengertian-algoritma/

modul dari pak janoe pada website www.elisa.ugm.ac.id

http://www.academia.edu/4418035/Modul_Algoritma_Dan_Struktur_Data_I

http://rizkiwirawanto.wordpress.com/2013/04/21/algoritma-pemrograman-dan-struktur-data/

http://mysinasshole.blogspot.com/2012/06/makalah-struktur-data-dan-algoritma_7813.html

Email will not be published

Website example

Your Comment: